Home / Seputar Banyuwangi / Bakesbangpol Banyuwangi Apresiasi LDII Dalam Membina Generasi Muda dan Kuatkan Wawasan Kebangsaan

Bakesbangpol Banyuwangi Apresiasi LDII Dalam Membina Generasi Muda dan Kuatkan Wawasan Kebangsaan

BANYUWANGI | Pengetahuan mengenai wawasan kebangsaan harus diketahui oleh seluruh masyarakat sejak dini terutama mereka para generasi muda. Hal itu penting dengan wawasan kebangsaan yang baik akan mempererat persatuan dan kesatuan bangsa, sehingga dapat mencegah tantangan dan ancaman yang akan mengganggu keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Hal tersebut ditegaskan Kasubbid Idiologi dan Pembauran Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Banyuwangi, H. Muhammad Nasrodin pada acara  “Temu Pemuda LDII” dalam rangka peringatan Hari Sumpah Pemuda 2023 yang ke-95, di Masjid Ponpes Arroyan, Jajag, Gambiran, Minggu 29/10/2023.

“Seiring dengan laju modernisasi dan perkembangan teknologi informasi yang semakin kompleks dan memberikan kemudahan bagi kehidupan manusia, berbagai pengaruh negatif juga terdapat di dalamnya, seperti maraknya penyalahgunaan dan peredaran narkoba, bullying, perkelahian antar pelajar dan berbagai kasus lainnya,” ujarnya

Untuk menangkal terjadinya degradasi moral anak bangsa ini, diperlukan adanya pemahaman dari generasi muda tentang wawasan kebangsaan.

“Kami apresiasi kegiatan LDII ini. Pembinaan terhadap generasi muda menjadi warga negara yang baik harus menjadi perhatian utama kita bersama, karena tidak ada tugas yang lebih penting dari pengembangan warga negara yang bertanggung jawab, efektif dan terdidik,” jelas Nasrodin.

Wawasan kebangsaan merupakan cara pandang bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungannya, yang didasari oleh falsafah cita-cita dan tujuan nasional. Namun sampai saat ini pemahanan wawasan kebangsaan dalam diri generasi muda masih kurang.

“Kegiatan LDII semacam ini, sangat luar biasa, pemahaman Wawasan Kebangsaan ini bisa meningkatkan rasa nasionalisme, kesadaran berbangsa dan bernegara serta nilai-nilai patriotisme pada generasi muda dan Pelajar,” ungkapnya

Oleh karena itu perlu adanya pemberian pemahaman wawasan kebangsaan pada generasi muda berkelanjutan. Dengan semakin kuat dan kokohnya pemahaman tentang wawasan kebangsaan diyakini dapat menjadi benteng kokoh dari pengaruh-pengaruh negatif yang ditimbulkan dari perkembangan teknologi dan informasi.

Kegiatan Temu Pemuda LDII Banyuwangi itu dihadiri beberapa Dewan Penasehat, Pengurus LDII Banyuwangi, Ketua Pemuda LDII Banyuwangi. Para pemateri antara lain, Kasatbinmas Polresta Banyuwangi, Kompol Toni Irawan, S.H., M.H. Kasubbid Idiologi dan Pembauran Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Banyuwangi, H. Muhammad Nasrodin dan Kasi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD.Pontren) H.Mukhlis, S.Ag.

Pada kesempatan tersebut, dihadapan 1000-an Pemuda LDII,  Ketua DPD LDII Banyuwangi, KH Astro Junaedi menjelaskan “Temu Pemuda LDII” dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda ini diharapkan selalu bisa menjadi momentum untuk mengaktualisasikan semangat Sumpah Pemuda dalam konteks kekinian.

“Khususnya anak anakku Pemuda LDII Banyuwangi bisa mengaktualisasikan diri dengan kegiatan apapun yang bermanfaat di manapun berada, agar semangat Sumpah Pemuda tetap terus terpatri dalam hati sanubari,” pesannya

Semangat Sumpah Pemuda harus menjadi inspirasi bagi generasi muda saat ini, untuk terus berkontribusi bagi kemajuan bangsa.


About LDII BANYUWANGI

Check Also

Optimalkan Ibadah Sosial di Akhir Ramadhan 1445 H, Wanita LDII Banyuwangi Terjun Bagikan Takjil UMKM

BANYUWANGI | Dengan semangat kebersamaan, di penghujung Ramadhan 1445 Hijriah, Jajaran Pengurus Wanita LDII Banyuwangi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *