Home / Tekhnologi / Kerjasama Dengan Kemenag DPD LDII Kabupaten Banyuwangi Gelar Pelatihan Rukyatul Hilal

Kerjasama Dengan Kemenag DPD LDII Kabupaten Banyuwangi Gelar Pelatihan Rukyatul Hilal

Banyuwangi – Jajaran Pengurus DPD, Pimpinan Cabang (PC), Ustadz dan guru Pondok Pesantren (Ponpes) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kabupaten Banyuwangi mengikuti Pelatihan Rukyatul Hilal di Aula Subullus Sholihin Kelurahan Karangrejo Banyuwangi Jawa Timur (Jatim) pada Rabu (7/2/2024).

Acara Pelatihan Rukyatul Hilal yang digelar merupakan salahsatu bentuk kerjasama DPD LDII dengan Kementerian Agama (Kemenag) Banyuwangi.

Menurut Ketua DPD LDII kabupaten Banyuwangi, KH Astro Junaedi, salahsatu tujuan pelatihan Rukyatul Hilal dalam rangka menyongsong bulan suci Ramadan dan biasanya dari LDII juga ikut serta kegiatan yang dilaksanakan oleh Kementerian Agama.

“Alhamdulillah kami sudah memiliki alat (teropong) maka sebelum dilaksanakan Rukyatul Hilal yang sesungguhnya, menjelang Ramadan dan Syawal mendatang dilakukan pelatihan dulu supaya tidak terjadi kebingungan,” ujar KH Astro.

Selanjutnya tokoh kelahiran Jember itu menuturkan pelatihan yang digelar agar LDII mampu mendukung dan berpartisipasi aktif membantu pemerintah dalam penentuan hilal.

Adapun pemateri acara Pelatihan Rukyatul Hilal adalah Kepala Seksi (Kasi)  Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Kemenag Banyuwangi, Mustain Hakim dan  Kepala KUA Gambiran. H. Gufron Musthofa.

Sedangkan materi  Tentang Ilmu Falaq dan Ilmu Hisab Rukyatul Hilal ilmu pengetahuan yang mempelajari untuk mengetaHui awal Ramadan,  awal syawal dan awal bulan dzulhijah.

Dalam pelatihan Rukyatul Hilal, para peserta selain mendapatkan pengetahuan dasar-dasar ilmu pengamatan hilal atau ilmu astronomi, sekaligus melakukan praktek penggunaan alat teropong.

Bahkan dalam bagian akhir pelatihan pemateri Gufron Musthofa memberikan contoh pengukuran arah kiblat Masjid Baitul A’la Banyuwangi.

About LDII BANYUWANGI

Check Also

Usai Pelatihan Jurnalistik, DPP LDII Targetkan Informasi Kontribusi LDII Meningkat

Jakarta (31/03).* Rangkaian pelatihan dasar jurnalistik angkatan ke-5 DPP LDII usai digelar pada Minggu (27/3). …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *