Home / Dakwah / Kunjungi PPPM Nurul Huda, Satbinmas Polresta Banyuwangi Ajak Santri LDII Bijak Dalam Bermedia Sosial

Kunjungi PPPM Nurul Huda, Satbinmas Polresta Banyuwangi Ajak Santri LDII Bijak Dalam Bermedia Sosial

BANYUWANGI – Satuan Pembinaan Masyarakat (Satbinmas Polresta Banyuwangi mengingatkan dan mengajak para santri LDII selalu melakukan  amar ma’ruf nahi  mungkar baik dengan perbuatan maupun secara lisan.

Ajakan tersebut disampaikan Kasatbinmas Polresta Banyuwangi melalui Kepala Urusan Administrasi dan Tata Usaha (Kaurmintu) Satbinmas Polresta Banyuwangi Bripka M. Syafa’at dalam pembinaan dan bimbingan penyuluhan kepada santri Pondok Pesantren Pelajar dan Mahasiswa (PPPM) Nurul Huda di Masjid Baitul A’la Kelurahan Karangrejo Banyuwangi pada Selasa (07/06/2022) malam.

Menurut Bripka Syafa’at, kegiatan yang digelar merupakan program kegiatan rutin Polresta Banyuwangi dalam upaya mewujudkan keamanan ketentraman dan ketertiban masyarakat.Dia menuturkan dengan kemajuan teknologi informasi dan dalam era digital saat ini, masyarakat kalangan santri khususnya diharapkan bisa bijak dalam bermedia sosial.

”Gunakan teknologi secara bijak dan produktif serta jangan mudah terprovokasi berita-berita yang belum jelas kebenaranya. Terkadang masalah muncul karena ada pihak yang tidak bijak dalam menggunakan media sosial dengan menyebarkan informasi yang tidak akurat sehingga mengakibatkan kegaduhan bahkan sampai ada korban harta dan nyawa,” jelasnya.

Selanjutnya Bripka Syafa’at menambahkan dengan mudahnya mendapatkan akses informasi para santri diharapkan menjadi pelopor dalam mentaati auran dan hukum yang ada.

Yang butuh kewaspadaan semua pihak, kata dia adalah penyebaran paham radikalismen dan terorisme yang mengancam persatuan dan kesatuan bangsa serta keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).” Radikalisme dan terorisme saat untuk sudah menjangkiti semua golongan mulai dunia pendidikan, para pengusaha maupun aparat keamanan negara,” imbuh dia.

Dalam upaya mencegah dan mencegah penyebaran penyebaran paham radikalismen dan terorisme, warga masyarakat umat Islam khususnya perlu pemahaman agama secara khafah. Selain itu juga perlu adanya kesadaran Negara Indonesia adalah Bhineka Tunggal Ika yang perlu diterapkan dalam kehiduapan bermasyarakat berbangsa dan bernegara dalan NKRI.

Selanjutnya yang tidak kalah berbahaya adalah peredaran narkotika dan obat-obatan terlarang oleh para pengedar dengan berbagai modus, salahsatunya pelibatan anak-anak untuk menjadi kurir untuk mengelabui aparat penegak hukum.

”Untuk itu para santri supaya hati-hati dan waspada apabila ada orang yang tidak kenal dan menawarkan barang yang kita tidak tahu. Bisa jadi hal tersebut adalah modus peredaran narkoba. Kepatuhan dan ketaatan menjalan agama Islam secara khafah menjadi benteng untuk mengatasi degradasi moral yang terjadi dalam era globalisasi saat ini,” pungkas Bripka Syafa’at.

Sebelumnya KH Astro Junaidi, Ketua DPD Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kabupaten Banyuwangi mengungkapkan selama ini hubungan dan kerjasama LDII dengan  Polresta Banyuwangi sudah berjalan dengan sangat baik.

“Dalam masa pandemi Covid 19 beberapa waktu lalu ada kerjasama melaksanakan kegiatan vaksinasi di Ponpes Arroyan Jajag dan Pimpinan Cabang (PC) LDII Kecamatan Kota Banyuwangi. Malam ini  dilaksanakan bimbingan dan penyuluhan Kamtibmas bagi santri PPPM Nurul Huda, salahsatu Ponpes binaan LDII di  Jalam Ikan  Arwana no 15 Kelurahan Karangrejo Banyuwangi,” jelas KH Astro.

Mengingat pentingnya pelaksanaan program kegiatan pembinaan dan bimbingan penyuluhan dari Satbinmas Polresta Banyuwangi jajaran pengurus LDII Banyuwangi  mengharapkan agar kegiatanpositif tersebut juga dilaksanakan di  Ponpes binaan LDII Banyuwangi yang lain.

Acara pembinaan dan bimbingan penyuluhan dari Satbinmas Polresta Banyuwangi kepada para santri PPPM Nurul Huda diakhiri dengan pembacaab doa oleh KH Hariadji Sugito.

Karena masih dalam suasana pandemi, sebagai bentuk kewaspadaan dan kehati-hatian dalam kunjungan tersebut Satbinmas Polresta Banyuwangi menyerahkan bantuan alat semprot, disinfektan dan masker kesehatan yang diterima oleh Ustadz Eko Hariyono, Ketua  PPPM Nurul Huda Banyuwangi.

Hadir dalam acara tersebut antara lain; Dewan Penasehat LDII Banyuwangi KH Hariadji Sugito, M.M, Ketua DPD LDII Banyuwangi, Drs. KH Astro Junaidi bersama beberapa pengurus, Lurah Karangrejo dan Lurah Kertosari, anggota Satbinmas Polresta Banyuwangi dan Senkom Mitra Polri serta beberapa peserta lain.

About LDII BANYUWANGI

Check Also

Ketua LDII Banyuwangi Silaturahim ke Menpan RB dan Bupati Ipuk di Open House Kediaman Karangdoro

BANYUWANGI – Jajaran pengurus DPD LDII Banyuwangi menghadiri open house Idul Fitri 1445 Hijriah yang digelar …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *