Home / Nasional / LDII Banyuwangi Gelar Bimtek Bagi Utadz-Ustadzah

LDII Banyuwangi Gelar Bimtek Bagi Utadz-Ustadzah

Banyuwangi – Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Dakwah Islam Indonesia (DPD LDII) Kabupaten Banyuwangi menggelar Bimbingan Teknik (Bimtek) bagi ustadz-ustadzah TPQ yang dikelola LDII di Aula PTPN XII Kali Sepanjang Glenmore Banyuwangi Jawa Timur pada Sabtu-Minggu, 29- 30 Oktober 2022

Menurut KH Drs. Astro Junaedi program Bimtek tersebut dilaksanakan selama dua hari Sabtu-Minggu 29-30 Oktober 2022 dan diikuti oleh 45 orang ustadz-ustadzah Taman Pendidikan Quran (TPQ ) yang dikelola LDII Banyuwangi.

Materi Bimtek yang diberikan adalah kurikulum garis besar materi pembelajaran untuk generus LDII mulai dari usia PAUD sampai dengan usia pra nikah.

Menurut H. Astro Junaedi Bimtek yang digelar bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kwalitas utadz-ustadzah TPQ LDII agar dalam melaksanakan amal sholih mengajar lebih fokus dan lebih efektif. Adapun target Pembinaan generasi penerus (Generus) LDII ada 3 yaitu Alim Faqih, Akhlaqul Karimah dan Mandiri.

“Para ustadz dan ustadzah tidak hanya mengajar saja, akan tetapi juga mendidik yang harus memahami tentang 3 ranah pendidikan ( kognitif, afektif dan psykomotor). Dengan harapan ada perubahan tingkah laku dari peserta didik dan santriwan / santriwati dari perilaku yg kurang baik menjadi baik dan dari yang sudah baik meningkat menjadi lebih baik lagi,” jelas H. Astro.

Acara Bimtek yang dihadiri DPD LDII Banyuwangi Bidang Diklat /Dai dan Bidang Kepemudaan, Pramuka SAKO SPN (Sekawan Persada Nusantara) dan Penggerak Pembina Generus (PPG) dibuka oleh Dewan Penasehat (Wanhat) LDII Banyuwangi H. Hariaji Sugito .SKM MM.

H Hariaji Dalam sambutan antara lain menyampaikan Wawasan Kebangsanaan (Wasbang) yang sangat penting sebagai anak bangsa. Para ustadz dan ustadzah harus mempunyai cakrawala pandang yang luas tentang Indonesia.

“Semua harus memiliki pemahaman yang kuat dan mengimplementasikan tentang empat pilar negara Indonesia yaitu; Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI,” tegas H. Hariaji.

Adapun Nara sumber dan materi yang disampaikan H. Hariaji sugito SKM .MM menyampaikan materi Wawasan Kebangsanaan. H. Astro Junaedi memberikan materi Moderasi Beragama dan Ustaz Alfan Abdillah menyampaikan materi Tehnik mengajar.Sedangkan Ghoni Hasanudin dan Pelda Khairul Khana menyampaikan materi Psycologi dan Bimbingan Konseling (BK).

About LDII BANYUWANGI

Check Also

Ketum DPP LDII: Rukyatul Hilal Memperkuat Ukhuwah dan Kebhinnekaan Bangsa

Jakarta (9/4). Rukyatul hilal untuk memastikan Hari Raya Idul Fitri yang diperkirakan jatuh pada Rabu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *