Home / Pesantren / Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan Forpimka Kecamatan Glenmore Gelar Silaturahmi

Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan Forpimka Kecamatan Glenmore Gelar Silaturahmi

LDII BANYUWANGI – Tiga ormas Islam,  yakni NU, Muhammadiyah, Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII),  serta lembaga keagamaan  yang lain seperti Majelis Ulama Indonesia (MUI), Dewan Masjid Indonesia (DMI) dan Forum Kerukunan Umat Beragama ( FKUB) serta  Forkopimka Kecamatan Glenmore  menggelar acara duduk bersama dengan suasana penuh keakraban, kedamaian dan keharmonisan di Masjid Nurul Hikmah Kecamatan Glenmore.

Acara tersebut digelar dengan  tema” Implementasi Moderasi Beragama Dalam Kehidupan Bermasyarakat”. Acara dihadiri oleh semua pimpinan ormas yang ada di Glenmore, antara lain Ketua Dewan syuriah NU  KH Moh. Nurkhotib Tolib yang  akrab disapa Gus Muh, Ketua  Tanfidiyah NU KH. Samsul Anam , Ketua PC Muhammadiayh  Ustadz Abdul Gofur, Ketua LDII Ustaz Suwarno.

Selanjutnya Ketua MUI  Kecamatan Glenmore Gus Ubaid, Ketua DMI Gus  Hakam, Ketua FKUB Gus Bisri dan jajaran Forkopimka Kecamatan Glenmore.

Dalam sambutannya, semua  pimpinan lembaga mengapresiasi kegiatan silaturahmi yang digelar dan semua sepakat serta  berharap acara tersebut ditindaklanjuti secara berkala dan bergiliran. Dalam kegiatan itu, semua berharap untuk bisa rukun, kompak dan bekerja sama dalam kegiatan di bidang sosial.

Sedangkan pembinaan umat masing- masing  ormas sesuai dengan ajaran dan keyakinan. Serta apa yang sudah diajarkan sesuai dengan ketentuan yang ada di rumah tangga ormas itu sendiri.

Ketua MUI  Kecamatan Glenmore Gus Ubaid mengungkapkan  agar urusan furuiyah tidak dipersoalkan karena itu urusan  masing ormas.  Kemudian diperkuat oleh Ketua NU  KH Samsul Anam. Menurut dia, yang penting  pedomannya sama  yaitu Al-Quran dan Al-Hadis.

”Rukun Islamnya sama, kiblatnya sama. Oleh karena itu,  mari kita tingkatkan kerukunan dan kebersamaan sesama umat Islam,”t egas Gus Samsul.

Ketua Dewan syuriah NU  KH.Moh. Nurkhotib Tolib yang  akrab disapa Gus Muh yang juga Pengasuh Ponpes Darul Falah Glenmore mengajak pada semua yang hadir bisa menjadi pemimpin umat dan memberi contoh dan suri tauladan yang baik dalam melakukan dakwah.

“Dakwah itu aJakan untuk melakukan kebaikan  yang harus dilakukan dengan sabar lemah lembut. Dakwah itu membangun bukan menghancurkan, dakwah itu merangkul bukan memukul,dakwah itu menyayangi bukan menyaingi, dakwah itu mendidik bukan membidik,  dakwah itu membina bukan menghina, dakwah itu mencari solusi bukan mencari simpati dakwah itu membela bukan mencela,” jelas Gus Muh.

Baca Juga : LDII Banyuwangi mengikuti Festival Smart Santri 2021

Sementara panitia pelaksana tuan rumah sekaligus  inisiator acara silaturahmi, Ustaz   Suwarno, Ketua PC LDII Kec amatan Glenmore, mengungkapkan rasa bangga dan berterima kasih kepada semua yang hadir.

“Saya bersyukur para tokoh bisa hadir di tempat kami di Masjid Nurul Hikmah yang kondisinya kurang sempurna karena masih dalam renovasi.  Semoga semua bermanfaat dan barokah,”ujar Suwarno.

Selnjutnya Ketua DPD LDII Banyuwangi Drs.H.Astro Junaidi yang juga menghadiri acara tersebut antara lain mengungkapkan  bahwa pertemuan seperti yang digelar di Glenmore  sudah diawali oleh pemgurus NU, Muhammadiyah,LDII dan Al Irsyad  di tingkat kabupaten.

“ Alhamdulillah sudah ada beberapa PC LDII yang  mampu melaksanakan kegiatan Silaturrohim seperti ini. Kami terus selalu mendorong semua PC LDII  untuk  melakukan kegiatan  membangun komunikasi  koordinasi dan silaturrohim  dengan semua stakholder dalam rangka penguatan Ukhuwah Islamiyah, Ukhuwah Watoniyah dan Ukhuwah Basariyah,”pungkas H Astro Junaidi.

About LDII BANYUWANGI

Check Also

Optimalkan Ibadah Sosial di Akhir Ramadhan 1445 H, Wanita LDII Banyuwangi Terjun Bagikan Takjil UMKM

BANYUWANGI | Dengan semangat kebersamaan, di penghujung Ramadhan 1445 Hijriah, Jajaran Pengurus Wanita LDII Banyuwangi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *